Boyolali – Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa dan masyarakat umum tentang pentingnya implementasi hukum internasional dalam hubungan antara Malaysia dan Indonesia, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Boyolali menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema yang relevan. Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas Boyolali dan Universiti Sains of Malaysia.

Salah satu poin penting dalam seminar ini adalah kehadiran Prof. Dr. Hazmi Rusli, Ph.D., yang merupakan dosen dari Universiti Sains of Malaysia. Salah satu Dosen dari Fakultas Hukum Universitas Boyolali yakni Dr. Burham Pranawa, S.H., M.H. juga menjadi narasumber dalam seminar nasional ini. Adapun moderator seminar kali ini adalah Dwi Imroatus Sholikah, S.H., M.H. yang juga merupakan dosen dari Fakultas Hukum.

Dalam kegiatan seminar ini dilaksanakan secara hybrid atau dilaksanakan baik secara langsung maupun via zoom meeting. Seminar yang dilaksanakan secara langsung dihadiri lebih dari 150 orang peserta yang berasal dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Boyolali dan juga kalangan umum. Sedangkan seminar yang dilaksanakan via daring / zoom meeting diikuti lebih dari 100 peserta yang berasal dari kalangan umum maupun mahasiswa. Dalam pelaksanaan seminar ini BEM Fakultas Hukum juga bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM), guna pelaksanaan Seminar Nasional secara daring agar mendapatkan input video meeting yang lebih maksimal.  

Seminar Nasional ini berlangsung di Aula Gedung Rektorat lantai 2 Universitas Boyolali menjadi forum diskusi yang menarik tentang bagaimana hukum internasional dapat diimplementasikan untuk meningkatkan hubungan antara dua negara tetangga, Malaysia dan Indonesia.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Boyolali Dr. Nanik Sutarni, S.H., M.H. sangat memberikan apresiasi kepada Fakultas Hukum karena dapat menyelenggarakan Seminar Nasional dengan mendatangkan pemateri dari negara Malaysia. Dengan adanya seminar ini menjadi suatu kebanggan tersendiri baik untuk Fakultas Hukum maupun Universitas Boyolali.

Dekan Fakultas Hukum juga sangat bangga dengan BEM Fakultas Hukum yang mampu mewujudkan dan berperan serta dalam pelaksanaan Seminar Nasional ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang peran hukum internasional dalam hubungan antarnegara. Selain itu, kehadiran Prof. Dr. Hazmi Rusli, Ph.D., sebagai salah satu pembicara utama, diharapkan dapat memberikan perspektif yang berharga dan menarik bagi para peserta.